Kelas SII – Inspirasi Cinta Al-Qur’an

Dalam Al-Qur’an terdapat lautan makna yg tiada batas, lautan keindahan bhasa yg tiada dapat dilukiskan oleh kata-kata, lautan keilmuan yg belum terfikirkan dalan jiwa manusia dan berbagai lautan-lautan lainnya yg tidaj terbayangkan oleh indra kita. Mereka yg dapar berinteraksi dengan al-quran dapat merasakan ‘getaran keagungan’ yg tiada bandingannya. Hidup dibawah naungan al-quran merupakan suatu kenikmatan.
Ta’rif
segi bahasa : qa’ra yg berarti menyatukan dan menghimpun. Qira’ah berati mrlenghimpun huruf yg satu dengan yg lainnya dengan susunan yg rapih.
Allah berfirman (QS : 41:3)
Menurut istillah. Al-Qur’an adalah kalamullah yg merupakan mu’jizat yg ditundukkan kepada nabi Muhammad SAW
Yg disampaikan kepada kita secara muttawatin dan dijadikan membacanya sebagai ibadah.
1. Kalan Allah
Firman Allah ucapkan kepada Rasullah SAW melalui perantara malaikat Jibril as.
2. Mu’jizat
Hal yg terbukti dari semenjak zaman Rasulullah SAW hingga zaman kita dan hingga akhir zaman kelak. Al-Quran dijadikan sebagai rujukan oleh pakar bahasa. Al-Quran menunjukkan mu’jizat, mencakup bidang ilmu alam, matematika, astronomi bahkan juga ‘prediksi’.
Al-Quran diriwayatkan secara mutawir atau tegas. Membaca Al-Quran sebagai ibadah. Dalam setiap Al-Quran yg kita baca, memiliki nilai ibadah yg senantiasa terhingga besarnya.
Konsekuensi keimanan terhadap Al-Quran.

[ SII ] – Tauhid

A. Meng – Esa – kan Allah SWT
– Nabi Isa : ditanya, “Ya isa, apakah engkau bilang kepada kaum kamu, aku ini dan ibuku menjadikan tuhan ? YA ALLAH sangat tidak pantas aku mengatakan yg tidak pantas aku katakan. Kecuali apa yg kamu perintahkan padaku”.Surat Al-maidah
– Nabi Muhammad : diawalai dengan Syahadat. Paman Nabi tidak mengatakan seperti itu.

B. Urgensi mengenal Allah SWT ( Ma’Rifatullah)
Pentingnya keutamaan mengenal Allah SWT. Allah penguasa semesta Alam. Al-Fusslat 30. Kami pelindung kalian di dunia dan akhirat. Jangan tinggalkan Iman dan Istiqomah. Hasilnya dengan mengenal Allah adalah menambah iman dan taqwa. Jangan sampai syirik kepada Allah. Ma’rifatul Insan ada tiga tipe: 1. Menaruh ruh diatas, Akal dibawah . dzikir . hatinya tenang.
2. Mensejajarkankan Ruh engan Akal. contoh : sesuatu tidak bisa dijangkau dengan logika. Harus libatkan Hati.
3. Akalnya diatas Ruhnya dibawah. Orang ini kawacau balau. Orang hidup tidak ada agama.
Nista, Hina, dimurkai. Ingkar dengam ayat-ayat Allah.
Manfaat memahami ma’rifatullah :
– merdeka
– tenang
– berkah
– hidup mulia
– surga
– ridha allah

C. Penghalang mengenal Allah SWT
1. Penyakit Syahwat [ Surat 3:14, Surat 45:23]
a. Pendosa [Surat 2:26-27, Surat 59:19]
b. Sombong [Surat 16:22, Surat 40:35.56, Surat 7:12-13]
c.
2. Penyakit Ragu
D. Bukti Keberadaan Allah SWT

[ Kajian ] Akhir dari Sebuah Cerita – Ust Nuzul Dzikri

image

Tema ini terispirasi dri sebuah hadis Rosullullah SAW : “Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan nikmat dunia” yaitu kematian. Allah berfirman : setiap umat ada ajalnya. Maka kita tidak bisa menunda walaupun sedetik aja. Annisa 78: “Dimanapun anda berada.. Dia akan datang”.    Kematian itu adalah Hak dan benar datangnya. Nabi Muhammad SAW mengatakan “sesungguhnya ketika kematian datang diawali dengan sakit yang sangat”. Disetiap masalah ada solusinya, tapi kematian tidak ada solusinya.  Ali imran : 185 : “Seluruhnya yg punya jiwa akan mati”. Allah SWT berfirman tentang yahudi :”kalian akan lihat orang itu berharap hidup lebih lama”. Kalau kita tidak memperbaiki iman kita. Kita akan tetep di azab. Yg harus kita renungkan Ali Imran 102 . Kita tidak bisa mengindar dari kematian, yg harus kita lakukan adalah hadapi. Allah telah memilihkan agama untuk kalian, kecuali anda mati sebagai seorang muslim. Apa itu muslim?? Muslim artinya menyerah. Janganlah engkau mati kecuali dalam kondisi menyerah.
Kita yg akan mengmbuat cara kita mati, karena kita akan mati dengan lifestyle kita. Sesungguhnya amal ibadah kita tergantung dengan akhirnya.
Firaun punya 2 statement : “aku rabb, atau tuhan kalian yg paling tinggi”, “Aku beriman kepada Allah ” kedua-duanya firaun masih jadi raja dan kaya, namun kenapa dia bisa mengatakan seperti itu?? Karena dia merasa   tidak mempunyai apa apa.. Dan ketika mengatakan seperti itu ketika dia ditenggelamkan oleh Allah. Kesimpulannya Ketika orang dzolim, merasa diri lemah. Maka dia akan menyerah.. Intinya adalah kita jangan merasakan apa apa dan tidak punya apa apa.. Dan merasakan ini semua milik Allah. Loyalitas adalah ketika kita punya pilihan. Selalu merasa 0 kepada Allah maka kita akan nurut dan menyerah… Semua kemaksiatan dan kedurhakaan karena kita merasa cerdas dan pintar, selalu berfikir logika. Bukan kita tidak boleh menggunakan logika, tapi kita harus merasa bodoh ketika mengetahui janji Allah SWT. Contoh adalah Nabi Musa da Nabi Ibrohim.
Pertanyaan : apakah ada tanda -tanda 40 hari sebelum kematian atau 7 hari?? Itu tidak ada sama sekali.
Bagaimana cara mendoakan orang tua kita yg meninggal dengan keadaan tidak muslim?? Kita tidak bisa mendoakan ampunan kepada siapapun ketika dia meninggal dengan keadaan non muslim.

[ Kajian ] 360′ – Ust. Nuzul Dzikri

Kajian yg dibawakan oleh ust. Nuzul, fenomena 360′, fenomena pasca setelah ramadhan.

image

Kembali ke gaya kita awal, tidak ada lagi dzikir pagi petang, tidak ada lgi yg pergi ke masjid. Khususnya anak muda, ambil fenomena ini sebagai titik balik dari kita semua. Apa yg harus kita lakukan dengan fenomena “three sixty”?? Tetap berinteraksi dengan kitabullah??
Jadilah hamba allah, jangan jadi hamba ramadhan. Beribadahlah sampai kematian, Jangan sampai beribadah sampai bulan syawal. Jadi hamba romadhon bisa jadi syirik. Seburuk buruknya hamba adalah hamba yg beribadah hanya pada saat bulan ramadhan.
Hal hal yg harus di lakukan setelah romadhon agar kita istiqomah :
1. Evaluasi hati kita. Semuanya berawal dari hati. Nabi bersabda “iman seorang hamba tidak akan istiqomah, sebelum hati kita istiqomah”. Karena hati itu sumber kesitimewaan, karena hati ikhlas. Nah ini yg jadi masalah, org sekarang dari parameter dari penampilan. Itu keliru, nabi mengatakan “ketahuilah didalam jasad manusia ada segumpal daging, jika baik maka semua akan baik, dan juga sebaliknya. Ketahuilah segumpal daging adalah HATI atau Qolbu”. Nabi berdakwah 13 tahun di mekkah, hanya menekankan tentang akidah, dan ketika hijrah ke Madinah berdakwah tentang solat, zakat, puasa. Karena hati dulu di tekankan.
Ulama menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk belajar amalan hati dari pada amalan dhoir. Maka mempertebal amalan hati, 1. Cinta, semua hal didasari dengan cinta. Maka semua akan indah dan mudah,.
2. Belajar agama pasca ramadhan. Ada 2 faktor : 1. Senantiasa mengkaji Al- Qur’an, kenapa kita bisa belajar ilmu dunia, tapi tidak belajar ilmu akhirat?
3. Teman.  Rosul ditengah tengah kalian tidak mungkin murtad. Iman seseorang tergantung sahabat dekatnya. Allah sering menyebutkan Hati, pendengaran, penglihatan di Al-Qur’an. Seseorang itu anak dari lingkungannya. Sehebat apapun kita untuk beriman. Tetapi lingkungan tidak mendukung, sama saja.

Sesi tanya jawab :
1. Amalan hati sangat ditekankan. Bagaimana cara hati ini menguatkan amalan tersebut?
Lebih fokus dan evaluasi hati, bukan melupakan amalan dhoir. Kenapa demikian?? Karena penguat vitamin hati adalah amalan dhoir. Belajar ikhlas. Kontrol hati. Doa dan rasa khawatir terhadap sesuatu yg kita kerjakan.
2. Menjaga lingkungan sekitar kita. Bagaimana kita membangun dengan lingkungan yg tidak baik??
Lingkaran pertemanan ada beberapa. Yg paling tinggi adalah sahabat kita. Itu yg harus selective.
3. Menuntut ilmu agama. Apa yg harus dipelajari di awal agar kita istiqomah???
Rukun islam, sholat. Tekankan masalah aqidah, dan hati.

Trip to Malaysia ( part 2 )

Pagi sekaliii kita bangun .. Sekitaran pukul 6.34.. Tapi hari masih gelap, kami solat subuh . setelah itu cari sarapan. Yg berbeda dari tempat ini adalah warung makan baru pada tutup, dikarenakan malam minggu warung buka 24 jam.
image

Hmmm akhirnya pilihan kami jatuh pada sebuah warung makan jawa. Saya mencoba nasi goreng pattaya. Nasi goreng pattaya adalah nasi goreng yg ditutup oleh telor dadar. Hmm panas dan nikmat
image

Setelah itu balik kehotel dan mandi.. Perjalanan menuju Twin Tower pada pukul 9.30, twin tower ini terdiri dari 86 lantai dan pada lantai 41 terdapat jembatan yg menghubungkan antara kedua gedung tersebut . tingginya kira kira 170 m. Dri permukaan tanah.
image

Persiapan sampai lantai 41 dengan menggunakan lift yg hanya mekana waktu lebih kurang 5 menit. Sesampainya kita langsung selfie
image

image

Trip To Malaysia (part 1)

Hmmmmm.. Udh lama euy gk ngeposting di blog… Hmmmm waaaahh banyak sarang laba-laba ama org gembel pada tiduran… Hehehe bentar ya….. *sreksreksrek…. *cringgg… Dah bersih lgi.. Okeh… Hmmmm tumben bener nih pengen ngepost lgi kenapa??? Bosen.. Gk ada kegiatan di bis yg bisa dikerjain selain dengerin musik, ngemil, tidur… Hmmmmn…
Kita mulai aja deh… Judulnya trip to malaysia.. Lebay bener kyknya ampe di post???? Yaiylah.. Secara pertama kali gw terbang keluar negeri.. Hehehehe mumpung rame-rame ama org kantor.. Jdi pada rusuh. Hehehe .. Pulang kantor jem 4 (seharusnya) tpi jam 3 udh pada cabut.. Hehehe mana mindik mindik lagi.. Satu persatu.. Untung aja bos besar gak ada… Kita kabur aja deh.. Xixixi dri kantor naik taxi alphard.. Gile.. Bias aja sih dalemnya.. Kirain ada apa gitu.. Ternyata sama aja… Hehehe.. sampe sampe langsung makan solaria.. Trus langsung solat magrib.. Tunggu dibandara deh..

image

*ckrik.. Selfie dulu.. Hmmm. Perjalanan 2 jam.. Sampe sana jam 10.. Langsung checkin hotel…. Jam 12 malem…. Hmmmm ternyata pada laper…. Yaudah abis solat isya langsung aja turun cari snack. Pas ke sevel.. Hmmm pengen beli snack gk ad yg menarik (aslinya sih gk ngrrti) heheeh.. Yaudah cari lgi.. Waktu udh menunjukkn pukul 1 malam.. Cari terusss.. Karena laper. Jalan jalan jalannnnnnn terus… Ketemu deh makanan di jalan alor.. Langsunf menunjuk ketempat steamboat

image

Gk puas dengan itu.. Cari lagi… Sekalian jalan pulang… Eh ketemu teh tarik… Langsung beli.. Harganya murah.. Cuma 2 ringgit.. Trus ada roti caneeeeee.. Beli lagi deh… 3 ringgit.. Muantap.. Langsung balik ke hotel.. Santap makanan.. Mmmm nyamnyam… Sampe jam 2 malam… Abis makan.. Tidur  blasss

*pagi hari
Bangun.. Solat.. Mandi sarapan di hotel…. Padahal mata masih ngantuk.. Tpi suruh sarapan.. Perut gk enak banget..
Masuk biss langsung menuju ketempat sebuah tempat distrik lingkungan pemerintahan

image

image

image

image

Setelah bertolak dari bangunan tersebut kita menuju malaka di daerah deket dengan perbatasan dengan indonesia.. Perjalanan memakan waktu 2 jam. Setelah sampai langsung makan dirumah makan yg pemiliknya keturunan cina tetapi mengadaptasi budaya melayu dalam masakannya.. Hmmm difikiran terlihat lezat… Setelah makan, memang makanannya khas bgt melayu.. Rempah rempahnya sangat terasa dicampur dengan irisan bawang. Makanan yg disajikan adalah kangkung rebus, udang kuning, ayam rempah dan goreng patin sambal. Yg paling spektakuler adalah petai goreng sambal bawang.. Its like delicious. Setelah itu melaksanakan solat di mesjid terapung malaka
image

image

Indahnya masjidnya… Okeh. Makan sudah solat sudah. Lanjut langsung ke bangunan tua malaka . Disini terdapar bangunan tua yg dibangun tahun 1800an.
image

Udara sangat panas dan kelihatan sudah pada lelah berjalan. Dan akhirnya menyudahi perjalanan pada pukul 5 sore. Setelah itu kami bertolak kehotel. Ternyata ada perubahan rencana . kami menuju patung budha.. Tetapi hanya untuk makan.. Mmmm.. setelah itu baru masuk ke hotel. Sudah mandi.. Sudah rapi… Mantap.. Langsung kita jalan lagi ke daerah alor untuk mencari kudapan..
image

Tenyata makanannya tidak halal, kami hanya mendapat duren dan juga roti cane + teh tarik… Waktu menunjuk pukul 1 malam. Kamipun kembali ke hotel untuk istirahat….
Selesai perjalanan hari pertame di malayseee.. See on next day