[ Kajian ] Akhir dari Sebuah Cerita – Ust Nuzul Dzikri

image

Tema ini terispirasi dri sebuah hadis Rosullullah SAW : “Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan nikmat dunia” yaitu kematian. Allah berfirman : setiap umat ada ajalnya. Maka kita tidak bisa menunda walaupun sedetik aja. Annisa 78: “Dimanapun anda berada.. Dia akan datang”.    Kematian itu adalah Hak dan benar datangnya. Nabi Muhammad SAW mengatakan “sesungguhnya ketika kematian datang diawali dengan sakit yang sangat”. Disetiap masalah ada solusinya, tapi kematian tidak ada solusinya.  Ali imran : 185 : “Seluruhnya yg punya jiwa akan mati”. Allah SWT berfirman tentang yahudi :”kalian akan lihat orang itu berharap hidup lebih lama”. Kalau kita tidak memperbaiki iman kita. Kita akan tetep di azab. Yg harus kita renungkan Ali Imran 102 . Kita tidak bisa mengindar dari kematian, yg harus kita lakukan adalah hadapi. Allah telah memilihkan agama untuk kalian, kecuali anda mati sebagai seorang muslim. Apa itu muslim?? Muslim artinya menyerah. Janganlah engkau mati kecuali dalam kondisi menyerah.
Kita yg akan mengmbuat cara kita mati, karena kita akan mati dengan lifestyle kita. Sesungguhnya amal ibadah kita tergantung dengan akhirnya.
Firaun punya 2 statement : “aku rabb, atau tuhan kalian yg paling tinggi”, “Aku beriman kepada Allah ” kedua-duanya firaun masih jadi raja dan kaya, namun kenapa dia bisa mengatakan seperti itu?? Karena dia merasa   tidak mempunyai apa apa.. Dan ketika mengatakan seperti itu ketika dia ditenggelamkan oleh Allah. Kesimpulannya Ketika orang dzolim, merasa diri lemah. Maka dia akan menyerah.. Intinya adalah kita jangan merasakan apa apa dan tidak punya apa apa.. Dan merasakan ini semua milik Allah. Loyalitas adalah ketika kita punya pilihan. Selalu merasa 0 kepada Allah maka kita akan nurut dan menyerah… Semua kemaksiatan dan kedurhakaan karena kita merasa cerdas dan pintar, selalu berfikir logika. Bukan kita tidak boleh menggunakan logika, tapi kita harus merasa bodoh ketika mengetahui janji Allah SWT. Contoh adalah Nabi Musa da Nabi Ibrohim.
Pertanyaan : apakah ada tanda -tanda 40 hari sebelum kematian atau 7 hari?? Itu tidak ada sama sekali.
Bagaimana cara mendoakan orang tua kita yg meninggal dengan keadaan tidak muslim?? Kita tidak bisa mendoakan ampunan kepada siapapun ketika dia meninggal dengan keadaan non muslim.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s