[ SII ] Bina Diri dgn Islam – Ust. Doni

An- Nisa 89:

image

Membuat Patung Anak Sapi. Akhirnya Musa sedih, kaum musa sudah melenceng. Pada masa itu namanya adalah yahuda, karena melenceng dan Kafir maka disebutnya sekarang jadi Yahudi.
Isa As meyakini Risalah Langit. Isa mengabarkan, bahwa ada Nabi sesudahku akhir Zaman, tetapi umat Nasrani atau keturunan Isa yg menjadi penyelamatnya Sampai ada Satu penghianat Nabi Isa, dan mukanya di serupai oleh Allah untuk di salib. Dari sini jelaslah bahwa, orang kafir tidak ingin umat muslim menjadi nyaman. Pada zaman sekarang sudah sangat melenceng agama islam. Dirunut dari zaman dahulu, iblis tidak ingin sendirian di neraka. Iblis juga dahulu di surga, karena di usir oleh Allah, meminta penangguhan tidak dihukum sampe akhir.

image

Salah satu bina diri dalam islam Pendidikan Islam. Tarbiah.
a. Ziadah yaitu prnambahan, kenapa kita harus melakukan pembinaan dalam diri kita. Apa yang bertambah ? Ilmu, Iman, Amal
b. Mas’iah yaitu Bertumbuh. Disampaikan ke orang lain. Memberikan keteladanan.
c. Tahdiah yaitu pemberian gizi. Harus memberikan Gizi kepada diri sendiri. Berbeda sesuatu dengan keimanan yang tinggi dengan yang tidak
d. Riayah yaitu Pemeliharaan.
e. Muhafazoh yaitu Penjagaan. Saling
Bina Islam Secara istilah proses pendidikan islam yang menumbuh kembangkan islam secara islami, dan proses peningkatan diri sebagai orang yang terlibat di dalammnya.
Tujuannya adalah :
1. Terbentuknya Tashawur atau pendangan atau persepsi Islami yang jelas, maksudnya seperti An-Nisa 89. Bahaya persepsi yang tidak jelas, akan menimbulkan paradigma terhadap islam yang jelek. Jika dalam fiqih itu Jihad adalah Bab terkhir. Kenapa di awal bab fiqih adalah taharah, karena semuanya dilandasi dengan kesucian
2. Membentuk pribadi yang islami. Orang sekarang melihat islam yang sunnah, selalu dikaitkan dengan muhammadiah dan NU. Padahal islam itu Luas. Kaum Salafi yang biasanya keras, zaman sekarang sudah mulai dengan kelembutan. Dakwah tidak harus keras, sekarang harus dengan kelembutan.
Bagaimana pribadi yg silami :
– Aqidahnya Lurus. La ‘ ilahailallah adalah Harga Mati. Karena Allah Maha Pencemburu.
– Benar Ibadahnya . yang sesuai dengan tuntunan Sunnah – Sunnah Rasul.
– Akhlaknya terpuji.
– Berwawasan Luas.
– Hidup teratur.
– Mandiri.
– Dapat bermanfaat bagi orang lain.
– Bersungguh-sungguh dalam memperbaiki diri.
Pentingnya kenapa tarbiah itu ?
– Agar tidak Bodoh. Kenapa syariat islam itu di turunkan ke Arab, yang sangat terbelakang?? Karena bangsa Arab jaman dulu adalah Bodoh. Maka Rasulullah ditugaskan untuk membimbing ke Jalan yang benar. Visi Rasulullah adalah tidak hanya bangsa Arab saja, untuk semuanya.
– Karena Umat Islam itu tidak paham tenang Islam itu sendiri. Banyak yang terjebak dengan kejahiliahan zaman sekarang ini.
– Hakikat Jiwa Manusia. Karena Manusia sering berbuat Futur.
Manusia terbuka untuk menerima Hidayah atau petunjuk.
Pembinaan tarbiah harus bersifat
– Continue atu berkelanjutan.
– Membentuk pemahaman islam yang utuh.
– Bertahap atau terprogram.
– Menyeluruh, tidak Parsial.

[ Kajian ] Tak Kenal Maka Tak Sempurna – Ust. Badrussalam

Nama-Nama Allah ada berapa?? 99 ?? Tidak Terbatas?? Semuanya benar. Sifat Allah ada berapa?? 20?? Berarti jika nama Allah 99 sifatnya 20, berarti ada 79 yang tidak memiliki sifat. Sifat Allah dan Nama Allah tidak terbatas.

image

Jika kita mengenal Nama dan Sifat Allah, maka kita akan masuk surga. Kata Allah, Allah mempunya 100 rahmat, 1 diturunkan ke dunia, 99 rahmat disimpan di surga. Kenikmatan yg kita rasakan, baru 1 rahmat. Bagaimana yang 99 lagi?? Ketika kita lahir, kita diberikan rahmat melalui orang tua kita. Merawat kita dari kecil hingga besar?? Rahmat yang paling besar kepada hamanya dalah Hidayah, berupa Ilmu dan Tahfid (*tidak kedengeran). Hujan adalah salah satu rahmat dan kasih sayang Allah kepada kita. Dia lah Ar-Rahman. Bahkan, orang yang tidak beribadah kepada Allah diberikan rahmat juga. Tapi , kita selalu diingatkan oleh setan, tentang musibah yang menimpa kita, sehingga kita lupa dengan Rahmat yg diberikan kepada kita. Bumi yang kita pijak, begitu besar. Bagaimana dengan langit? Rasulullah berkata, “Langit di Bumi, sebanding bagaikan Cincin dibandingan dengan tanah lapang”. “Dan tidak lah Kursi Allah, dibandingkan dengan Arash-nya Allah SWT, bagikan cincin di tanah lapang”. Al-Karim artinya yang sangat dermawan. Rasulillah berkata, “Jika Allah Mengumpulkan Jin dan Manusia dikumpulkan di tanah lapang, dan setiapnya meminta, tidak lah kekurangan Kekayaan Allah sedikitpun, bagai jarum yg dimasukkan ke Laut dan diangkat kembali, tidak berkurang sedikit pun”. Allah tidak menolak permintaan hamba Allah. Al-Ghofur artinya yang maha pengampun. Allah berfirman “Katakan kepada Hamba-hambaku yang melampaui batas itu, jangan menyerah untuk meminta Ampun kepadaku, niscaya Allah akan memberikan rahmat”. Allah sangat gembira melihat Taubat Hambanya. Al-Jabbar artinya Menutupi berbagai macam kekurangan, atau memaksa harus tinduk kepada ketentuannya. Semua langit dan bumi yang tidak mengikuti ketentuannya binasa. Al-Hakim artinya yang maha memiliki Hikmah. Allah menciptakan sesuatu semua bermanfaat. Ar-rozak yang maha pemberi rejeki. Yang bisa memberikan rezeki hanya Allah. As-Salam artinya selamat dari mendzolimi hambanya. Al- hay yang maha hidup. Kehidupan Allah Sempurna. Kehidupan manusia itu ditimpa sakit, sedih, mati dll. Al-Qoyyum yang mengurus alam semesta dengan sendirinya. Dan itu sangat mudah. Semua tak luput dari perhatian Allah SWT.
Menghitung Nama Allah akan masuk surga. Menghitung dalam artian ada 4 cara :
1. Mencari dalil dari Al-Quran dan hadis.
2. Menghapalnya.
3. Mendalami makna – maknanya.
4. Mengamalkan konsekuensinya.

Q : “Tadi dibahas tentang Al-Qoyyum, kemudian disurat Arrahman mengatakan, apa yang dilangit dan dibumi selalu meminta kepadanya, setiap waktu dia mensibukkan? Apakah sama sibuknya seperti manusia??”
A : “Allah mengatakan, Allah tidak serupa dengan makhluk apapun juga, jadi tidak dapat dibedakan. Apa yang dimaksud dengan sibukkan? Semua untuk kemasyalatan umat, kita tidak dapat memikirkannya”.

Q : “Arrahman dan arrahim tapi kenapa Allah dibuat lalai dengan kenikmatan yg Allah berikan? “
A : “Allah maha Murka, Allah selalu memberikan kesempatan taubat hambanya, Allah sayang dengan hamba tetapi dengan cara menghambat nikmatnya. Kasih sayang Allah terkadang diberikan bukan dalam kesenangan, tapi dalam kesusahan juga.”

[ Trip ] Ditza Weeding Part 2

Alhamdulillah.. Sampai di stapsiun pasar turi jam 03.00 WIB, dan langsung dijemput oleh Supir yg alhamdulillah dapet setelah pencarian panjang di kereta. Berkat Si Aris, yang bisa menawar dengan harga Rp. 375.000 dan bisa di jemput di stasiun kemudian di antar ke Malang untuk beristirahat kediaman Dr. Rindu.
Kira – kira pukul 04.03 WIB sampai di rumah Rindu, dan langsung rebahan sedikit karena waktu sudah subuh, akhirnya Langsung solat subuh di masjid dekat situ.
– Perjalanan Batu Jatim Park ( Only Take Pic)
Bangun sekitar pukul 07.30 WIB, benar – benar mager ( males Gerak ), dan akhirnya sarapan dengan pecel sayur dan kemudian mandi. Setelah para pria mandi, para akhwatnya masih pada beberes dan touchup sampai pukul 08.30 WIB akhirnya perjalanan dimulai. Tujuan pertama adalah Musem Angkut, kira – kira sampai disana pukul 10.00 WIB , akan tetapi museumnya belum dibuka. Oh thats a pity, akhirnya membelokkan tujuan ke Batu Jatim.

image

Ketika sampai disana kita langsung as always , “cekrek cekrek cekrek”. Foto sana sini dengan PD nya dan tentunya dengan Xiomi Action Camera.

image

Setelah itu menuju Loket, setelah melihat harganya, untuk 2 objek wisata Rp.105.000 dan 3 objek Wisata Rp.135.000. Dan kita berhenti untuk berfikir, mmmm sepertinya setelah dihitung-hitung tidak masjk budget. Dan disana hanya foto-foto saja dan yang pasti Checkin di Path as always.
Sembaring menunggu museum Angkut buka, kita fikir untuk pergi mencari makan.
Traktiran Ulang tahun Aris
Aris Suyitno, berulang tahun pada tanggal 19 Maret. Ketika dikereta kita semua sudah sepakat untuk tidak mengucapkan ulang tahun, untuk memberikan surprise pada malam hari nya. Setelah melihat bahwa museum angkut masih belum di buka, kita berencana makan di sebuah restoran yg bernama Warung Wareg. image

View disana cukup bagus. Seperti biasa, Wefie tidak ketinggalan, setelah berdoa bersama untuk ulang tahun aris, kita ber foto ria. Ritual yg tidak ketinggalan di setiap momen untuk di abadikan.
Museum Angkut in Action
Setelah makan dan solat di warung wareg, waktu menunjukkan pukul 12.30 WIB, kemudian kita melanjutkan perjalanan ke museum Angkut. Tiket cukup terjangkau, yakni Rp.80.000. Kali ini kita tidak hanya photo dan checkin di Path saja. Hahah saya tidak tahu apa yang ada di fikiran teman-teman, datang ke suatu tempat untuk checkin di path, keliatan aneh, tapi ya memang seperti itu Dhirgam. Setelah masuk, teman-teman cukup exited ketika melihat kokeksi-koleksi di musium sana.
image

Banyak mobil-mobil antik dan kuno. Berbagai macam alat transportasi dihadirkan disana. Mulai darat sampai transportasi udara. Museum ini dibuat dengan miniatur daerah nya masing-masing. Mulai dari Asia sampai Amerika.
image

Waktu menunjukan pukul 15.30 WIB, dan itu tandanya kita harus kembali ke surabaya untuk beristirahat. Kita bermalam di hotel bintang 5. Yaitu Ascott hotel,

[ Trip ] Ditza Weeding Part 1

Assalamualaikum Wr. Wb
Akhir pekan yg hectic, bisa dikatakan seperti itu. Hmm kenapa?? Hampir tidak jadi dilaksanakan acara ini. Okey,
Ditza adalah salah satu teman sekelas pada masa pendidikan di Al-Azhar. Dia melangsungkan acara pernikahan tanggal 19 Maret 2016, di Surabaya. Berita itu kita mengetahuinya pada bulan Januari. Al hasil temen-temen dari kelas ada yg berinisiatif untuk menghadiri acara pernikahan zaza ( Panggilan Ditza) di Surabaya. Padahal tempatnya jauh sekali, tpi kenapa teman-teman begitu bersemangat untuk kesana. Sebenernya sih pengennya jalan-jalan bareng gitu, aji mumpung ada acara nikahan temen yang jauh di surabaya.
Pemesanan Tiket Kereta dan Penginapan
Pemesanan tiket kereta yg dilakukan pada bulan januari terlihat begitu Complicated. Dan juga teman-teman yang ikut hanya beberapa orang saja. Sebut saja geng eksis (Riri, Nisa, Meta, Rindu, Aris, Ojan) dan juga pemandu kita Kak Windi. Semua sangat bersemangat untuk ikut. Dipertengahan pemesanan, Riri dikabarkan tidak bisa ikut, mengingat kondisi Ibunya yang sedang sakit dan juga dia seorang Single Fighter untuk mengurus ibunya. Tetapi tiket sudah dipesan dan akhirnya Riri yang membayar. Masalah tiket sudah selesai, sekarang masalah penginapan, Meta salah satu temen yang kerja di Perusahaan Ascoot dapat keuntungan untuk dapat menginap di hotel Ascoot dan dapat diganti biaya penginapan oleh perusahaannya. Semua urusan sudah rampung. Tinggal menunggu waktu.
Minggu sebelum Hari H
Hectic. Satu kata yg dapat mewakili untuk momen kali ini. Dimulai dari Nisa yang tiba-tiba ragu untuk dapat ikut dalam perjalanan ini dikarenakan tugas sebagai Guru di sebuah Sekolah mengharuskannya untuk ikut Meeting di hari akhir, dan juga pada hari sabtu ada pembagian raport kelas. Kemudian Meta sebagai Akuntan ditugaskan untuk menyelesaikan laporan bulanan karena closing – nya dimajukan sepuluh hari. Keragu-raguan sangat besar yang dirasakan oleh Meta, sampai-sampai jika tidak terkejar, dia mau menyusul dengan kerta disabtu paginya. Saya sendiri ragu dapat ikut, karena ada undangan rapat IT yang mengharuskan saya untuk hadir dalam rapat tersebut. Dalam undangan dituliskan bahwa rapat dari jam 09:00 sampai Selesai. Pada hari H keberangkatan kereta, Alhamdulillah , Allah memberikan sesuatu yang luar biasa. Mulai dari Nisa yang mendapatkan Izin lebih awal untuk ikut, kemudian Meta sudah menyelesaikan Laporannya dan juga rapat saya selesai tepat sebelum Solat Jum’at. Ditambah Iis yang ikut untuk menggantikan Riri yang tidak bisa ikut. Tetapi Kak windi tidak dapat ikut karena suatu pekerjaanya, tetapi Alhamdulillah Acara yang super duper Hectic ini selesai.

image

Walaupun harus duduk tegak selama kurang lebih 12 jam di kereta, tetapi teman-temang sangat bersemangat. Permasalahan selanjutnya adalah pemesanan Mobil ketika sampai di Surabaya. Kita lihat saja nanti…
Bersambung…. Ditza Weeding Part 1

[ Kajian ] Yang Tak Terpisahkan – Ust. Badrussalam

Kita hidup didunia ini yang namanya mempertuhankan itu pasti ada. Apakah anda yakin ada tuhan?? Bisa kah memberikan bukti bahwa tuhan itu ada??

image

Pepohonan itu dari air, tanah itu satu, semua diciptakan oleh satu. Semua diciptakan dari air, dan berkembang berbeda-beda. Itu menunjukkan Allah itu satu. Kamu pernah liat tuhan?? Kenapa kamu yakin?? Apakah gelas menciptakan dirinya sendiri? Lalu bagaimana dengan langit dan seluruh alam semesta yg sangat megah ini ?? Tapi kenapa Allah tidak ingin memperlihatkan dirinya sendiri?? Sebagai Ujian. Jika Allah memperlihatkan dirinya didunia ini, maka semua org beriman. Mengimani sesuatu yg terlihat itu mudah, bagaimana dengan yang tidak terlihat? Tuhan ada didunia ini, karena ciptaan-ciptaannya. Manusia memang sudah difitrahkan mempertuhankan sesuatu. Yang menyembahkan sesuatu ciptaan Allah sama sekali tidak dapat memberikan mudhorot. Orang musyrikin pada jaman dahulu meyakini bahwa yg menciptakan langit dan bumi adalah Allah, tetapi kenapa? Karena mereka masih mensektukan Allah. Sifat Allah dapat memberikan manfaat kepada umat. Dokter tidak bisa menyembuhkan, Allah yg bisa menyembuhkan. Allah tau yang Ghaib, karena itu sifat Allah. Makhluk tidak tau yang ghaib, maka jika makhluk tau yang ghaib maka dia termasuk Syirik. Keyakinan terhadap Tuhan tidak cukup untuk mempercayai. Oleh karena itu dalam Al – Qur’an diceritakan Penciptaan Langit dan Bumi. Tahuid Rububiyyah adalah meyakini penciptaan Allah atau meng-esakan Allah dengan perbuatannya. Jadikanlah dirimu menjadi Hamba Allah yg seluruhnya. Maka konsekuensinya kita hanya sujud kepada Allah. Nabi Ibrahim pernah berdialog dengan raja Namrud. Nabi ibrahim “rabbku yg menhidupkan dan mematikan”. “Tuhanku yg menerbitkan mahahari dari timur ke barat”. Raja namrud tidak bisa menjawab. Menyembah sesuatu selain Allah adalah 100% batil. Jangan sampai kita memalingkan ibadah kepada selain Allah.
Kita semua tidak akan masuk surga jika tidak meyakini Tauhid Rububiyyah dan
Tauhid Uluiyah . Tauhid Uluiyah adalah Meng-esakan Allah dengan perbuatan kita kepada Allah berupa solat, dzakat, puasa dll.

Q : “Bagaimana kalo kita lagi berdebat dengan non islam, kalo kita dari pandangan agama lain?? Bagaimana dengan kita menyembah Ka’bah ? Karena saya pikir Tuhan dimana-mana dan tidak penting saya solat mengarah kemana? “
A : “Ketika kita Solat menyembah Ka’bah, kenapa kita mengarah ke ka’bah? Karena Tuhan pencipta Ka’bah menyuruh kita untuk mengarah Ka’bah. Oleh karena itu kita menaatkan kita ke pencipta. Karena tujuan menciptakan Ka’bah untuk menyatukan Umat Muslim”.

Q : ” Pawang Hujan itu Syirik atau tidak?? Dan Six Sense itu dalam islam itu gmn? “.
A : ” Pawang Hujan itu meminta bantuan Jin, Jin itu yg membantu untuk mengalihkan Hujan. Dan para Jin akan melakukannya dengan sesajen. Itu adalah Syirik. Tentang indra ke 6, Setannya dapat memperlihatkan dirinya kepada org tersebut, atau dirinya terdapat Jin, makanya Jin dapat melihat Jin lainnya. Maka kita harus sering berdzikir dan membaca Al-Qur’an”.

[ Kajian ] Dahsyatnya Doa – Ust. Khalid Basalamah

Assalamualaikum teman2, mau share sesuatu deh. Ada ilmu bagus bgt nih buat dishare, kl free monggo yuk dibaca 🙂

Tentang doa. Yg terlintas kl denger “doa” apa?. Solatkah? Doa mau makan? Doa mau tidur?. Beberapa org mikirnya doa itu saat selepas solat aja ya, pdhl doa itu tidak dibatasi hanya setelah solat loh. Doa itu menembus ruang dan waktu *tsah* 🙂

Doa dalam istilah itu artinya meminta, memohon, berhajat hanya sama Allah. Doa itu bukti komunikasi hamba sama Penciptanya, coba liat QS. Ghafir:60. Disitu Allah sendiri yg minta kita untuk berdoa sama Dia. Allah itu punya sifat dimana kl kita gak minta sama Dia, maka Dia akan marah (HR. Tirmidzi).

Doa itu curhatan manusia ke Allah. Doa itu ada yg udah ditentukan waktu/tempatnya (mis: doa makan, tidur, masuk toilet, dll) dan ada doa yg tidak ditentukan waktu dan tempatnya. Tapi terkadang, manusia malah membatasi doanya. Hanya pas habis solat, hanya pas mau ujian, hanya pas lg ada musibah, dsb. Bahkan banyak jg yg mindsetnya salah, berfikir kalo doa diletakkan setelah ikhtiar. Itu salah loh. Coba sekarang renungkan deh brp banyak org yg lg sakit, dia minta tlgnya lgsg sama dokter buat disembuhkan, menganggap kesembuhan itu krn dokternya yg pengalaman lah, yg udah expertlah, pdhl yg kasih sakit itu Allah, yg nyembuhin ya Dia juga. Seharusnya, ketika kita sakit, minta dulu kesembuhan sama Allah baru jadikan dokter itu media perantara kesembuhannya. Sebelum berobat ngadu dulu sama Allah, “ya Allah aku sakit nih, sembuhkan aku Rabb. Jadikan berobatku ke dokter sbg ikhtiarku untuk sembuh ya”. Begitu kurang lbh seharusnya. Semakin dekat seorang hamba sama Pemiliknya, semakin lantunan doa itu seperti komunikasi biasa, jd kayak ngobrol sama Allah.

Doa itu inti dr ibadah, bentuk komunikasi dan ketaatan sama Allah. Dalam sholat, 90% adalah doa. Makanya org yg ga sholat itu, org yg keterlaluan sombongnya. Org yg ngerasa gak butuh bantuan Allah. Pdhl begitu baiknya Allah, sama org tipe begini aja Allah masih kasih oksigen buat dia hirup. Nanti kalo udah dititipin nikmat cobaan, baru deh agak mikir. Naudzubillah semoga kita semua bukan tipe manusia sprti itu ya. 😇

Ada 3 poin besar dalam bahasan doa ini:
1. Pahamilah doa itu ibadah. “Doa adalah inti ibadah” (HR. Tirmudzi). Org yg udah terbiasa doa sama Allah, dia gak akan gelisah sama dunia. Dia gantungkan segalanya ke Allah, bahkan hanya sekedar perkara sandal jepit yg putus. Doa itu abstrak tp nyata balasannya. Percaya deh Allah itu gak akan sia2kan doa tiap hambaNya. Tidak akan pernah!

2. Pahamilah kalau doa itu punya tahapan. Sebuah hadist sahih bilang “Tidak ada seorang muslim berdoa di muka bumi ini, kecuali Allah berikan langsung, Allah hilangkan kesusahan yg akan datang padanya, dan Allah simpan sebagai panen di akhirat”. Jd memang Allah gak pernah main2 sama doa2 hambaNya. Semuanya pasti diijabah, tapi di waktu yang tepat menurut Dia.

Ada sebuah kisah nyata dimana seorang ikhwan soleh sudah melamar akhwat dan akan menikah 3 bulan setelah proses khitbah tsb. Tanpa tau sebab jelasnyanya, akhwat nya malah membatalkan rencana pernikahan mereka di 1 bulan sebelum hari H. Ikhwan sholeh ini udah terlanjur suka sama si akhwat. Dia berdoa terus supaya akhwat ini dibalikkan hatinya sama Allah dan kembali menjalankan pernikahan sama si ikhwan. Teruuuussss doa sampai pada akhirnya si akhwatpun menikah, tapi bukan dg ikhwan sholeh ini. Dg ikhwan lain yg (mungkin) baru dikenalnya dan melamarnya. Akhirnya si ikhwan berenti berdoa krn akhwat tsb sudah menikah. Sejalannya waktu, sebulan pernikahan si akhwat dan ikhwan lain itu ternyata akhwat didiagnosis kanker payudara stadium lanjut. Sebulan pernikahan, payudara kanan diambil.Bulan berikutnya payudara kiri yg juga harus diambil. Dua bulan pernikahan, kedua payudara akhwat tsb dioperasi krn kanker tsb sudah menjalar. Ternyata, kanker ganas td gak hanya di payudara akhwat, tapi sudah menyebar hingga otak. Di bulan ketiga pernikahan, akhwat tsb lumpuh, dan di bulan keempat meninggal. Kalau diliat kisah awalnya, menyedihkan sekali ikhwan soleh ini. Hanya tinggal sebulan pernikahan, tp Allah coba dia dg batalnya pernikahan. Tp coba direnungi, betapa baiknya Allah sama dia, sayang bgt Allah sama dia. Krn kalau ikhwan soleh td menikah dg akhwat, dia tidak akan menikmati pernikahan dengan semestinya. Allah batalkan rencananya dengan caraNya dan digantikan dg yg jauh lbh baik. Ini hikmahnya buat org2 yg mau berfikir.. 

Kadang suka jd fenomena si ya kl liat org yg soleh/a bgt tp kok ya doa dia blm dikabulin ya sama Allah. Ini pemikiran yg salah loh, krn Allah itu seneng bgt kl kita “merengek” ke Dia. Dia seneng dgr doa org2 macem begini. Analoginya gini, kalo ada pengamen dg suara ancur bgt, sama suara yg enak bgt di dgr, yg mana yg dikasih uang receh duluan? Pasti yg gak enak kan suaranya. Knp? Krn kita udah “pusing” pasti dgr suaranyanya hehe. Tapi coba kl sama yg suaranya enak di dgr, trus sopan lg. Umumnya kita nungguin sampe dia selesai nyanyiin lagunya dan ngasihnya bukan receh bahkan, bisa jd uang nominal besar yg diluar ekspektasi si pengamen. Nah gitu juga Allah, semakin baik seorang hamba, Allah semakin seneng dgr doa dia, makanya Allah ulur dulu diijabah doanya supaya hamba td tetep doa sama Dia, tetep bergantung HANYA SAMA DIA. Dan nanti, pada waktunya akan dibalas dg sesuatu yang jauh lebih baik dr apa yg dia minta. Percaya deh!

Di poin ini, perlu juga dipahami bahwa kl doa sama Allah itu jgn buru2. Dan tau gak kl Allah tuh nyiptain “jalan pintas” buat hamba supaya doanya cepet sampe. “Jalan pintas” itu namanya cobaan. Ya sakit, ya musibah, ya rasa galau, semuanya itu “paksaan” supaya kita berdoa sama Allah. Hati kita dipaksa supaya bergantungnya sama Allah aja. Artinya Allah kangen sama kita. Minta kita mendekat dan curhat sama Dia aja.

Dalam doa juga ada syarat diterimanya loh, ada 9:
a. Ikhlas. Berdoa itu mesti kudu wajib ikhlas, cuma buat Dia doanya. Liat QS. 7: 29 ya. Disitu Allah minta luruskan niat cuma buat Dia, bukan selain Dia.
b. Membuka doa dengan tahmid dan shalawat. Perlu kita sadari bahwa untuk sampe di Arsy nya Allah, 7 pintu langit itu harus dibuka. Gimana caranya? Ya dg shalawat dan pujian ke Allah td. Jd sebaiknya kl mau berhajat, kudu dulu ada tahmid dan shalawatnya.
c. Khauf dan tamak sama rahmat Allah. Khauf artinya rasa khawatir atas ibadah yg dilakukan blm cukup untuk hajat yg diminta. Jd minta nya lebih khusyuk. Tamak itu maksudnya minta supaya rahmat Allah jgn diambil. Misal udah sehat, kaya, cerdas nih, ya minta sama Allah supaya pertahankan nikmat itu biar gak ilang, biar makin banyak ibadah dg kapasitas yg dimiliki. Referensinya QS. 7:56. Baca ya..
d. Menggunakan Asmaul Husna dalam berdoa. Ini suruhan Allah lgsg loh, liat QS. 7:180 ya.
e. Menjaga diri dr makanan dan minuman yg haram. Tidak akan diterima doa org2 yg hobinya mengkonsumsi yg haram2. Yakin deh!
f. Tidak meminta yg haram. “Sesungguhnya Allah itu suci, bersih, dan tidak menerima yang tidak bersih atau haram” (HR. Bukhari)
g. Muslim yg berdoa, terlebih muslim yang berdoa untuk muslim yg lain. “Tidak ada doa orang kafir yang diterima” (HR. Bukhari).
h. Tidak tergesa gesa dalam berdoa. Ciri org yg tergesa2 dalam doa itu, misal dia berkata, “Perasaan aku udah doa deh tp kok blm dikabul2 ya” lantas ia tidak lg mau berdoa sedangkan Allah sedang mempersiapkan sesuatu untuk doanya.
i. Maksimalkan tempat dan waktu mustajab untuk berdoa, antara lain: 1/3 malam, saat sujud sholat, antara sujud terakhir dan salam, saat puasa, saat menjadi musafir, saat hujan turun, antara adzan dan iqomah, saat org tua mendoakan anaknya, saat anak sholeh mendoakan org tuanya, saat muslim mendoakan muslim lainnya, di Hari Jumat saat khutbah Jumat dan antara ashar hingga maghrib.

c. Pahami bahwa bila Allah melambatkan ijabahnya doamu, itu sama artinya dengan bentuk cinta Allah padamu. Kita mah apa atuh, manusia yg kalo doa maunya dikabul cepet. Pdhl solat subuh aja leyeh2 gak tepat waktu dan gak mau jamaah di masjid (bagi ikhwan). Padahal coba deh liat kisah2 Nabi kita yg dengan sabar dan doa, Allah ijabah doanya berjuta kali lipat dr yg diminta. Ada Nabi Zakaria yg selama 70 tahun berdoa minta keturunan, ada Nabi Ayub yang berdoa selama 18 tahun atas sakit yg dideritanya, dan banyak lagi.

Dari sekian panjang penjabaran ttg doa, intinya adalah satu. Bahwa doa itu merupakan senjata Muslim. Doa itu memberikan kekuatan bagi yang lemah. Doa memberikan pemahaman dalam kebingungan. Wallahi, Allah sangat menyayangi hambaNya melebihi seorang ibu yang sedang menyusui anaknya yg telah lama hilang. Allah menyayangi manusia melebihi manusia tersebut menyayangi dirinya sendiri. Bahkan di kisah perampok yg akhirnya meninggal dikeroyok massa aja Allah masih kasih limpahan kasih sayangnya loh. Allah ambil nyawanya dalam keadaan dikeroyok supaya dia berhenti mengkonsumsi yg haram, supaya kalaupun dia nanti di neraka, bukan Jahannam tempatnya. Maha Besar Allah dengan segala nama2 baiknya, sudah sepatutnya kita manusia jd hamba yg selalu meminta pertolongan, perlindungan, kasih sayang dr Dia. Manusia mah gak ada apa2nyaaaa, wong terbentuknya aja dr cairan hina. Terus masih melangit akhlaknya? Masih ngerasa gak butuh doa? Istighfar yuk.. :)😇

Sekian sharing kajian yg alhamdulillah sempat dihadiri kemarin. Semoga bisa menjadi pengingat untuk yang menulis dan yang membaca, menjadi ladang kebaikan untuk semua, dan ada secuil manfaat di deretan hurufnya. Aamiin.

Wassalamualaikum 🙂

-Efrita Maharani Lubis-
Masjid Manarul Amal – Mercu Buana Meruya

[ SII ] Invasi Pemikiran – Ust. Fahmi Rusdi

Islam adalah Universal.

image

. Jika kita menjadi Islam yg sempurna tidak akan terpengaruh dengan Doktrin Pemikiran yg salah. Pada jaman sekarang ini perang tidak lagi menggunakan Fisik, melainkan perang pemikiran. Orang kafir (yahudi dan nasrani) itu satu kesatuan untuk melawan islam. Orang kafir tidak akan ridho bila orang islam itu berkembang, sampai orang islam mengikuti kegiatan-kegiatan orang kafir. Contoh jaman dahulu di eropa islam itu pernah menjadi sumber inspirasi, bahkan islam pernah berkuasa selama 800 tahun di tengah eropa yaitu andalusia ( sekarang spanyol ). Banyak sekali islam ambil andil dalam perkembangan bangsa eropa.
Apa yang dilakukan orang kafir untuk menguasai orang islam, paling tidak menghambat perkembangan islam.
Sebelum khilafah sudah muncul pemikiran – pemikiran :
1. Perang Salib
2. Orientalisme : orangnya mustaqsyrik, mempelajari tentang orang ketimuran, mereka ingin mempelajari islam untuk membenci islam, dengan cara memasukkan unsur keragu-raguan kedalam orang islam.
3. Kristenisasi
4. Freemasonry : organisasi rahasia org yahudi,.
5. Pemutusan hubungan negara islam : islam itu hanya nilai, islam itu hanya norma, kalo urusan negara itu beda lagi.
Setelah khilafah runtuh :
1. Perubahan Politik
2. Perubahan Sosial
3. Sekularisme
4. Nasionalisme
5. Kebebasan Perempuan

[ Kajian ] Hukum Nikah – Dedy Alamsyah M.Kom.

Kajian dari kitab “Minhajul Muslim”. Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jaza ‘iri

image

Nikah secara akad. Hubungan antara manusia dengan manusia disebut dengan akad. Hubungan antara manusia dengan sang pencipta disebut niat. Akad yg menghalalkan manusia secara suami istri. Hukum nikah, An-nisa 3 :
image

. Sunnahnya akad nikahnya 1, jadi tidak langsung dua sekaligus. An-noor 32.
image

. Menegaskan bahwa kita tidak boleh menikahi seseorang yg mempunyai hubungan pernikahan.
Hukum nikah bisa menjadi makruh, jika kurang mampu.
“Wahai pemuda, menikahlah kalian karena dapat menjaga pandangan”.
Rukun nikah :
1. Harus ada Wali . Harus ada hubungan darah. Ayah Kandung, Sodara Laki-Laki, Sodara Laki-Laki dari Ayah.
– Laki-Laki
– Baliq
– Minta Izin
– Muslim
2. Harus ada 2 Orang Saksi
– Harus Adil
– Harus Kenal
3. Ijab Kabul
– Shidgad Nikah.
4. Mas Kawin / Mahar
– An – Nisa 4 :
image

. Didalam hadist Sohih “Carilah mahar walaupun cincin terbuat dari Besi”.
Ketentuan mahar :
– Mahar yg Ringan saja.
– Menyebutkan Mahar ketika nikah.
– Barang yg Mubah.
– Harga lebih dari seperempat dinar.
– Boleh hutang.

Khiyar dlm pernikahan.
Melakukan pemilihan dalam sebelum / sesudah nikah.
– Sakit
– Gila
– Cacat
– Ketidak Jelasan / Unsur tipu-tipu
– Tidak Memberikan Nafkah.
Bisa mengajukan cerai.

[ Linux ] Centos 6 – Install SSH-Server

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini saya ingin membuat tutorial yang berkaitan dengan linux. Sudah lama sekali saya tidak menggunakan sistem operasi ini, terakhir saya gunakan ketika saya masih di kantor Bumiputera. Karena kangen dengan linux, akhirnya saya menginstall linux di Virtualbox, secara komputer saya baru, dan juga memiliki RAM 8 GB. Pada jaman dahulu RAM saya hanya sekitar 1,5 GB , tetapi saya tetap membuat Virtual Desktop.

Baiklah, kali ini saya sudah berhasil menginstall Centos 6.2 hasil dari sisa-sisa kantor Lama. Setelah itu, saya berencana untuk menginstall di server kantor yang baru di beli. Centos 6.2 Berhasil di install di Vbox, karena tampilannya saya tidak suka, saya berenca untuk meremote saja dari windows, dan hanya konsolnya saja. Akhirnya saya mendownload Putty.exe untuk meremote Centos di Vbox.

Capture

Permasalahannya adalah dalam Centos belum mengincludekan Packate SSH, oleh karena itu saya ingin membuat tutorial tentang SSH Server. Langkah-langkahnya adalah seperti ini :

  1. Install SSH-Server di centos dengan mengetikkan perintah seperti ini :

yum -y install openssh-server openssh-clients

2. Nyalakan service dengan perintah seperti ini :

chkconfig sshd on
service sshd start

3. Lihat Portnya

netstat -tulpn | grep :22

Sekarang Remote Komputernya dengan menggunakan Putty.exe

4. Setting Firewall

vi /etc/sysconfig/iptables

6. Kemudian Restart Service dengan

service iptables restart

Kemudian sekaran bisa menggunakan putty.

Capture

 

Selesai..

 

[ Kajian ] Jalur Khusus – Ust. Badrussalam

Sudah cukupkah kita berdoa hari ini? Sudah berapa kali anda meminta kepada Allah SWT?? .. Kita sebagai manusia harus sering meminta kepada Allah SWT. Manusia tidak kaya, sedangkan Allah kaya. Semakin hamba sangat meminta, Allah akan semakin senang dan mengabulkan permintaan kita.

image

Dalam berdoa kita harus mempunyai cara, agar tidak bosan.
1. Jangan berfikir dalam keinginan kita dalam berdoa adalah ingin segera di ijabah. Semangat dalam berdoa. Jadikan keinginan terbesar dri kita adalah Doa nya.
2. Yakin bahwa doa setiap muslim akan di ijabah oleh Allah. Tpi Allah mengijabah doa seorang hamba dengan salah satu dari tiga.
– Langsung di ijabah.
– Disimpan disurga. Allah lebih tau dari kita. Bahwa yg kita minta belum tentu baik dari kita.
– Mengijabah doa hamba dengan di selamatkan dari marabahaya.
3. Bahwa seorang hamba, semakin banyak meminta sama Allah, maka Allah akan cinta kepada hamba. Allah benci dengan orang yang jarang meminta kepadanya.
Yang namanya Makhluk itu memiliki pengetahuan yang sempit. Tetapi Allah memiliki pengetahuan yg Luas. Bagai mana supaya doa kita cepat di ijabah oleh Allah:
1. Carilah waktu-waktu Mustajab. Yg di tunjukan oleh Al-Qur’an dan Hadist.
– Sepertiga Malam. Allah turun kelangit dunia pada sepertiga malam terakhir.
– Antara Adzan dan Iqomah. Doa diwaktu ini adalah pasti di terima.
– Diwaktu Sujud. Perbanyak meminta diwaktu sujud.
Adalah lebih dari 30.
2. Ketika berdoa memuji Allah dan Bersyalawat kepada Rasulullah. Jika kita doa tidak bersyalawat kepada rosul, maka doa kita tergantung antara langit dan bumi.
3. Berusaha untuk mengambil perantara yg di isyaratkan.
– Meminta kepasa Allah, Melalui amal soleh kalian yg pernah diperbuat.
– Melalui Nama Allah, yaitu Asmaul Husna. Sebutkan Nama Allah sesuai dengan apa yg kita minta. Jika meminta ingin rizki, maka sebutkan nama Allah yg pemberi rizky.
– Doa orang soleh yg masih Hidup. Tetapi kita jangan berharap untuk meminta doain sama orang keseringan. Dan jangan suuzon kepada Allah dalam hal Doa.
– Tinggalkan perkara – perkara yg bisa doa kita tidak di Ijabah : Minta segera / tergesa-gesa di ijabah, hati kita lalai ketika kita berdoa, makanan yang Haram, Hati kita sudah mengingkari yg munkar lagi.
Jangan sampai kita melakukan seperti kaum nabi nuh, orang musyrikin menyembah 5 berhala, yg semuanya adalah Orang soleh.
Mereka tidak menyembah berhala tersebut, tapi mereka berfikir mereka bisa mendekatkan mereka kepada Allah. Allah tidak suka, karena menyandingkan ke Esaan Allah.

Q : “Saya bekerja di bank dan sebagainya, apakah doa saya akan di ijabah, karena bekerja yg ada RIBA? ”
A : “Ketika Allah mengijabah, tetapi dia terus menerus melakukan dosa. Jangan tertipu, karena Allah memberikan nikmat kepada kita karena maksiat kita. Segera Istigfar. Yakinlah selama kita hidup, rezeki kita tidak akan hilang.”

Q : “Kalau sedekah tidak boleh mengharapkan balasan dengan Allah, apakah kalau mengharapkan kesembuhan dengan sedekah?”.
A : ” Orang yg bersedekah tidak akan kurang hartanya, itu adalah Janji. Jika kita bersedekah dengan tidak mengharapkan sedikitpun dunia, maka Allah akan berikan dunia, Karena itu sudah Janji. Amal soleh itu Mulia, Dunia itu seperti bangkai. Apakah kita masih berharap untuk mendapatkan bangkai? “.

Q : “Apakah music dapat mengeraskan hati?”
A : “Sudah tau Music itu Haram”.

Q : “Apakah orang yg merokok doanya akan diijabah?”.
A : ” Rokok adalah Bahaya. Babi mempunyai 30 mudhorot, Arak mempunyai 40 mudhorot, Riba mempunyai 50 mudhorot, Rokok mempunyai lebih dari 4000 mudhorot”.

Q : “Kita diperbolehkan bertawasul”.
A : “Boleh, Akan lebih bagus “.

Menitip doa dengan yg sedang haji apakah boleh? Boleh. Tapi bukan kebiasaan para sahabat.
Kesimpulan :
1. Jangan Putus Asa dalam berdoa
2. Berusahalah semaksimal mungkin dalam berdoa
3. Jauhi apa yg tidak diperkenankan dalam berdoa.