[ Linux ] Centos 6 – Install SSH-Server

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini saya ingin membuat tutorial yang berkaitan dengan linux. Sudah lama sekali saya tidak menggunakan sistem operasi ini, terakhir saya gunakan ketika saya masih di kantor Bumiputera. Karena kangen dengan linux, akhirnya saya menginstall linux di Virtualbox, secara komputer saya baru, dan juga memiliki RAM 8 GB. Pada jaman dahulu RAM saya hanya sekitar 1,5 GB , tetapi saya tetap membuat Virtual Desktop.

Baiklah, kali ini saya sudah berhasil menginstall Centos 6.2 hasil dari sisa-sisa kantor Lama. Setelah itu, saya berencana untuk menginstall di server kantor yang baru di beli. Centos 6.2 Berhasil di install di Vbox, karena tampilannya saya tidak suka, saya berenca untuk meremote saja dari windows, dan hanya konsolnya saja. Akhirnya saya mendownload Putty.exe untuk meremote Centos di Vbox.

Capture

Permasalahannya adalah dalam Centos belum mengincludekan Packate SSH, oleh karena itu saya ingin membuat tutorial tentang SSH Server. Langkah-langkahnya adalah seperti ini :

  1. Install SSH-Server di centos dengan mengetikkan perintah seperti ini :

yum -y install openssh-server openssh-clients

2. Nyalakan service dengan perintah seperti ini :

chkconfig sshd on
service sshd start

3. Lihat Portnya

netstat -tulpn | grep :22

Sekarang Remote Komputernya dengan menggunakan Putty.exe

4. Setting Firewall

vi /etc/sysconfig/iptables

6. Kemudian Restart Service dengan

service iptables restart

Kemudian sekaran bisa menggunakan putty.

Capture

 

Selesai..

 

Leave a Reply

