[ Kajian ] Tak Kenal Maka Tak Sempurna – Ust. Badrussalam

Nama-Nama Allah ada berapa?? 99 ?? Tidak Terbatas?? Semuanya benar. Sifat Allah ada berapa?? 20?? Berarti jika nama Allah 99 sifatnya 20, berarti ada 79 yang tidak memiliki sifat. Sifat Allah dan Nama Allah tidak terbatas.

image

Jika kita mengenal Nama dan Sifat Allah, maka kita akan masuk surga. Kata Allah, Allah mempunya 100 rahmat, 1 diturunkan ke dunia, 99 rahmat disimpan di surga. Kenikmatan yg kita rasakan, baru 1 rahmat. Bagaimana yang 99 lagi?? Ketika kita lahir, kita diberikan rahmat melalui orang tua kita. Merawat kita dari kecil hingga besar?? Rahmat yang paling besar kepada hamanya dalah Hidayah, berupa Ilmu dan Tahfid (*tidak kedengeran). Hujan adalah salah satu rahmat dan kasih sayang Allah kepada kita. Dia lah Ar-Rahman. Bahkan, orang yang tidak beribadah kepada Allah diberikan rahmat juga. Tapi , kita selalu diingatkan oleh setan, tentang musibah yang menimpa kita, sehingga kita lupa dengan Rahmat yg diberikan kepada kita. Bumi yang kita pijak, begitu besar. Bagaimana dengan langit? Rasulullah berkata, “Langit di Bumi, sebanding bagaikan Cincin dibandingan dengan tanah lapang”. “Dan tidak lah Kursi Allah, dibandingkan dengan Arash-nya Allah SWT, bagikan cincin di tanah lapang”. Al-Karim artinya yang sangat dermawan. Rasulillah berkata, “Jika Allah Mengumpulkan Jin dan Manusia dikumpulkan di tanah lapang, dan setiapnya meminta, tidak lah kekurangan Kekayaan Allah sedikitpun, bagai jarum yg dimasukkan ke Laut dan diangkat kembali, tidak berkurang sedikit pun”. Allah tidak menolak permintaan hamba Allah. Al-Ghofur artinya yang maha pengampun. Allah berfirman “Katakan kepada Hamba-hambaku yang melampaui batas itu, jangan menyerah untuk meminta Ampun kepadaku, niscaya Allah akan memberikan rahmat”. Allah sangat gembira melihat Taubat Hambanya. Al-Jabbar artinya Menutupi berbagai macam kekurangan, atau memaksa harus tinduk kepada ketentuannya. Semua langit dan bumi yang tidak mengikuti ketentuannya binasa. Al-Hakim artinya yang maha memiliki Hikmah. Allah menciptakan sesuatu semua bermanfaat. Ar-rozak yang maha pemberi rejeki. Yang bisa memberikan rezeki hanya Allah. As-Salam artinya selamat dari mendzolimi hambanya. Al- hay yang maha hidup. Kehidupan Allah Sempurna. Kehidupan manusia itu ditimpa sakit, sedih, mati dll. Al-Qoyyum yang mengurus alam semesta dengan sendirinya. Dan itu sangat mudah. Semua tak luput dari perhatian Allah SWT.
Menghitung Nama Allah akan masuk surga. Menghitung dalam artian ada 4 cara :
1. Mencari dalil dari Al-Quran dan hadis.
2. Menghapalnya.
3. Mendalami makna – maknanya.
4. Mengamalkan konsekuensinya.

Q : “Tadi dibahas tentang Al-Qoyyum, kemudian disurat Arrahman mengatakan, apa yang dilangit dan dibumi selalu meminta kepadanya, setiap waktu dia mensibukkan? Apakah sama sibuknya seperti manusia??”
A : “Allah mengatakan, Allah tidak serupa dengan makhluk apapun juga, jadi tidak dapat dibedakan. Apa yang dimaksud dengan sibukkan? Semua untuk kemasyalatan umat, kita tidak dapat memikirkannya”.

Q : “Arrahman dan arrahim tapi kenapa Allah dibuat lalai dengan kenikmatan yg Allah berikan? “
A : “Allah maha Murka, Allah selalu memberikan kesempatan taubat hambanya, Allah sayang dengan hamba tetapi dengan cara menghambat nikmatnya. Kasih sayang Allah terkadang diberikan bukan dalam kesenangan, tapi dalam kesusahan juga.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s