[ SII ] Bina Diri dgn Islam – Ust. Doni

An- Nisa 89:

image

Membuat Patung Anak Sapi. Akhirnya Musa sedih, kaum musa sudah melenceng. Pada masa itu namanya adalah yahuda, karena melenceng dan Kafir maka disebutnya sekarang jadi Yahudi.
Isa As meyakini Risalah Langit. Isa mengabarkan, bahwa ada Nabi sesudahku akhir Zaman, tetapi umat Nasrani atau keturunan Isa yg menjadi penyelamatnya Sampai ada Satu penghianat Nabi Isa, dan mukanya di serupai oleh Allah untuk di salib. Dari sini jelaslah bahwa, orang kafir tidak ingin umat muslim menjadi nyaman. Pada zaman sekarang sudah sangat melenceng agama islam. Dirunut dari zaman dahulu, iblis tidak ingin sendirian di neraka. Iblis juga dahulu di surga, karena di usir oleh Allah, meminta penangguhan tidak dihukum sampe akhir.

image

Salah satu bina diri dalam islam Pendidikan Islam. Tarbiah.
a. Ziadah yaitu prnambahan, kenapa kita harus melakukan pembinaan dalam diri kita. Apa yang bertambah ? Ilmu, Iman, Amal
b. Mas’iah yaitu Bertumbuh. Disampaikan ke orang lain. Memberikan keteladanan.
c. Tahdiah yaitu pemberian gizi. Harus memberikan Gizi kepada diri sendiri. Berbeda sesuatu dengan keimanan yang tinggi dengan yang tidak
d. Riayah yaitu Pemeliharaan.
e. Muhafazoh yaitu Penjagaan. Saling
Bina Islam Secara istilah proses pendidikan islam yang menumbuh kembangkan islam secara islami, dan proses peningkatan diri sebagai orang yang terlibat di dalammnya.
Tujuannya adalah :
1. Terbentuknya Tashawur atau pendangan atau persepsi Islami yang jelas, maksudnya seperti An-Nisa 89. Bahaya persepsi yang tidak jelas, akan menimbulkan paradigma terhadap islam yang jelek. Jika dalam fiqih itu Jihad adalah Bab terkhir. Kenapa di awal bab fiqih adalah taharah, karena semuanya dilandasi dengan kesucian
2. Membentuk pribadi yang islami. Orang sekarang melihat islam yang sunnah, selalu dikaitkan dengan muhammadiah dan NU. Padahal islam itu Luas. Kaum Salafi yang biasanya keras, zaman sekarang sudah mulai dengan kelembutan. Dakwah tidak harus keras, sekarang harus dengan kelembutan.
Bagaimana pribadi yg silami :
– Aqidahnya Lurus. La ‘ ilahailallah adalah Harga Mati. Karena Allah Maha Pencemburu.
– Benar Ibadahnya . yang sesuai dengan tuntunan Sunnah – Sunnah Rasul.
– Akhlaknya terpuji.
– Berwawasan Luas.
– Hidup teratur.
– Mandiri.
– Dapat bermanfaat bagi orang lain.
– Bersungguh-sungguh dalam memperbaiki diri.
Pentingnya kenapa tarbiah itu ?
– Agar tidak Bodoh. Kenapa syariat islam itu di turunkan ke Arab, yang sangat terbelakang?? Karena bangsa Arab jaman dulu adalah Bodoh. Maka Rasulullah ditugaskan untuk membimbing ke Jalan yang benar. Visi Rasulullah adalah tidak hanya bangsa Arab saja, untuk semuanya.
– Karena Umat Islam itu tidak paham tenang Islam itu sendiri. Banyak yang terjebak dengan kejahiliahan zaman sekarang ini.
– Hakikat Jiwa Manusia. Karena Manusia sering berbuat Futur.
Manusia terbuka untuk menerima Hidayah atau petunjuk.
Pembinaan tarbiah harus bersifat
– Continue atu berkelanjutan.
– Membentuk pemahaman islam yang utuh.
– Bertahap atau terprogram.
– Menyeluruh, tidak Parsial.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s