[ Kajian ] Kaya Masuk Surga – Ust. Firanda Andirja, MA

Assalamualaikum Wr. Wb

Mungkinkah Kaya Masuk Surga? Banyak perdebatan, yg Kaya Bersyukur apa yg Miskin Bersabar? Terdapat 3 pendapat. Yg kaya bersyukur, miskin tiga bersabar, mana yg paling bertakwa dengan pendapatnya. 

Kekayaan dan miskin adalah dua tunggangan, jika kita menunggang yg kaya kita harus bersyukur, jika kita menunggan kemiskinan kita harus bersabar.

Kehidupan nabi ada yang kaya ada yang susah. Ketika aisyah kedatangan tamu minta makan, tetapi hanya punya 1 butir kurma, maka di bagi dua dengan org miskin tersebut dan yg lainnya di bagi dengan putrinya.

Jika kita harus memilih maka kita akan memilih kaya bersyukur. Naluri manusia memilih kaya. Namun kalo kita perhatikan, banyak dalil mengisyaratkan miskin bersabar. Karena rasullullah melihat disurga banyak orang miskin. Dan dalil yang lainnya mengatakan jika mengantri masuk surga didahulukan orang miskin 500 tahun dari orang kaya.

Kekayaan dan kemiskinan adalah Ujian. Maka Rasullullah berdoa “Aku berlindung dari fitnahnya kekayaan dan fitnah kemiskinan”. Tetapi lebih susah ujian kekayaan. Ada dalil mengatakan “Fitnah umat kita adalah Harta”.

Ada beberapa faktor Ujian dalam Kekayaan.

1. Manusia diciptakan  sangat cinta dengan Dunia. Dikatakan “Mereka akan Cinta kepada Harta lebih dari Apapun”. Tamak dengan Harta. Manusia akan berlomba-lomba dengan dunia sampai dia ke liang lahat.

2. Harta sangat mudah membuat orang Sombong. “Tidak akan masuk surga jika ada kesombongan sebesar zahrah”.  Rasulullah menyebutkan ada orang sombong dengan dua bajunya, Allah membenamkan dalam tanah hingga Hari Kiamat. Jabatan juga membuat sombongan. Neraka Jahannam berisi orang yang sombong.

Kenikamat orang kaya sangat banyak. Maka akan ditanya dengan dua pertanyaan. Darimana dia mendapatkan Harta? Dan kemana dia Habiskan Harta mu?

Dalam Islam dua – duanya penting. Pertama doa-doa orang miskin menyelamatkan umat islam. Dan juga orang yang sedang safar, karena doanya sangat mudah soleh Allag dan juga jauh dari kesombongan. Orang kaya juga di perlukan untuk Dakwah. Keutamaan orang kaya juga dapat bersedekah dan juga dapat memerdekakan budak. Jadi jika Ibadahnya orang kaya dapat menyamai orang miskin dan ditambah sedekah yang banyak, maka akan selamat.

Islam membutuhkan dua jenis orang, orang ber Ilmu dan orang ber Harta. Orang kaya sangat Mulia ketika kita berInfak dijalan Allah, jika kita miskin gimana kita ber Infak? Ini adalah salah satu kelebihan daripada orang miskin. Jadi secara dalil sangat di anjurkan untuk kita menjadi kaya?

Banyak juga orang miskin masuk neraka, karena tidak kuat dengan Ujian. 

1. Jika kita ingin kaya tapi tujuannya bukan untuk ibadah, sama saja. Jadi kita niatkan kita kaya untuk bersedekah, maka Pahalanya akan terus Berjalan

2. Miskin punya harta. Kita harus tawakkal. 

3. Sambung silaturahim. Barang siapa yang ingin bertambah rizki dan panjangkan umur. Maka silaturahim.

Q : Terminologi Fakir dan Miskin itu apa? Bagaimana orang bisa makmurkan Indonesia?

A : Fakir dan Miskin. Fakir tidak ada sama sekali, Miskin ada tapi tidak mencukupi. Penerapan para Ulama definisinya bisa berubah sesuai keadaan dan tempat.

Banyak faktor ketidaksadaran akan berzakat. Banyak yang kaya tapi pelit. Harus ada yang memberi masukkan kepada pemerintah untuk penyaluran zakat. 

Q : Miskin dekat dengan kekufuran? Apabila orang tua Meninggal dunia, apabila kita bersedekah atas nama mereka apakah sampai?? 

A : ini hadist yang lemah. Karena orang miskin lulus dari ujian.

Bisa, contohnya kita memberi makan orang miskin dengan untuk orang tua, maka sampai. Haji dan Umroh atas nama orang tua. Membuat Wakaf atas nama orang tua. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s